instal ROM custom

Cara Install Custom ROM di android ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya (dah kayak sinetron aja yah ada kelanjutanya), sudah baca belum? kalau belum harap di baca dulu yah, soalnya tutorial ini juga harus bisa / minimal faham tentang CWM (baca di sini). Mengapa anda saya haruskan membaca tutorial sebelumnya (Install CWM) ??, karena cara install rom di android memang di sarankan menggunakan CWM Recovery karena ada fitur backup dan restore ROM asli dari android yang sekarang mau di hancurkan oprek.

Sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat apa itu Custom ROM, Custom ROM adalah sistem operasi / firmware handphone tertentu yang sudah di modifikasi, biasanya sudah di edit baik dari segi tampilan, sistem, aplikasi, tweaking, dan lain lain. dari pengalaman beberapa teman dan pengalaman saya sendiri tentunya, penggantian ROM android bisa lebih menghemat baterai jika pas / cocok dengan handphone kita. kelebihan dan kekurangan dari rom tergantung dari si pembuat / modifcator ROM masing masing.

Persiapan


Setiap percobaan di usahakan di persiapkan dengan matang dan teliti, biar tidak kebingungan nanti pas lagi serius seriusnya malah baru nyari bahan / perlengkapan, kan jadi repot tho.

Bahan bahan yang perlu di persiapkan yaitu:

  1. Ponsel Bersistem Operasi Android (nggak perlu di sebutkan sebenernya laughing )
  2. ROM (Read Only Memory) / Kalau istilah di android adalah Sistem Operasi atau si android itu sendiri, silahkan cari dan download sesuai Merek dan Type Handphone masing masing, di usahakan harus sama ya, soalnya beda type HP kadang hardwarenya pun berbeda, so harus di samakan. File ROM bisasanya berformat zip yang berisi file file yang nantina di suntikkan / di masukkan ke ponsel kita.
  3. Ponsel sudah terinstall CWM Recovery, Kalau belum silahkan di instal dulu (baca di sini)
  4. Keberanian / Nyali (jangan takut rusak, masih ada service center hee hee )
  5. DWYOR (Do With Your Own Risk) / Resiko di tanggung penumpang hee hee

Langkah Installasi Custom ROM di Android


Hmm, oke mari kita hajar si robot hijau (android) biar makin kenceng dan makin ganteng tampilanya dengan memasang ROM baru.

  1. Download Custom ROM dan sesuaikan dengan Merek dan Type HP anda, jangan sampai keliru dengan ROM HP lain, nanti malah tidak bisa menyala. silahkan search di google atau di forum forum android sudah banyak yang share Custom ROM.
  2. Setelah ROM di download, sebelumnya lihat fitur fitur ROM tersebut, apakah sudah sesuia keinginan anda atau belum, pokoknya hati hati deh memilih ROM.
  3. Copy ROM yang akan di install ke Memory Card / SDcard Handphone kamu, bisa lewat kabel data / Card Reader.
  4. Backup semua data data penting sepeti contact, sms, dan lain lain. bisa menggunakan Titanium backup (belum punya? cari di google / play store)
  5. Matikan Handphone kamu.
  6. Kemudian masuk CWM Recovery biasanya dengan menekan tombol volume down / – bersama dengan tombol power, tunggu sampai muncul menu Recovery si CWM.
  7. Backup dulu ROM kamu, buat antisipasi kalau rom tidak cocok. caranya masuk menu backup and restore pilih backup.
  8. Pilih Menu wipe data/factory reset
  9. Pilih menu wipe cache partition
  10. Pilih menu advanced dan pilih Wipe Dalvik Cache
  11. Kemudian pilih Rom camu dari sdcard tadi dengan cara pilih menu install zip from sdcard lalu choose zip from sdcard nah, silahkan pilih ROM yang sudah kamu download dan kamu letakkan di sdcard tadi, jangan sampai salah pilih file yah hee hee.
  12. Tunggu sampai proses selesai, tidak memakan waktu lama kok, paling cuma beberapa menit.
  13. kalau sudah selsesai dan tidak terjadi error, silahkan pilih menu reboot system now maka android akan restart dan menyala dengan sistem operasi baru, untuk startup pertama biasanya agak lama, anggap saja sedang menyesuaikan sistem yang baru.

Nah, silahkan lihat hasilnya, sudah puas belum dengan system yang baru, kalau belum silahkan nyari Custom ROM sesuai yang di inginkan. sekadar pemberitahuan, dalam praktek ini saya menggunakan Handphone Andromax smartfren, jadi mungkin ada perbedaan waktu masuk recovery mode / CWM, jadi cari sendiri cara masuk recovery mode sesuai type handphone masing masing yah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s